PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI OPTIMALISASI POTENSI TLOGO MBORO SEBAGAI EKOWISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA SIDOWUNGU KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK PASCA COVID-19


Desa Sidowungu terletak di kecamatan Menganti kabupaten Gresik, luas wilayah desa Sidowungu adalah 3,18km2. Secara geografis, desa Sidowungu berada di wilayah perbatasan desa Cerme kecamatan Cerme disebelah utara, desa Putat kecamatan Menganti disebelah selatan, desa Morowuri kecamatan Cerme disebelah barat dan desa Kepatihan kecamatan Menganti disebelah timur (Kecamatan Menganti Dalam Angka 2019).

Sasaran PHP2D ini adalah masyarakat desa Sidowungu khususnya Gabungan Kelompok Tani, Mantan pecandu narkoba, Ibu-ibu rumah tangga dan beberapa komunitas seperti PKK dan Karang Taruna.

Pada dasarnya Tlogo Mboro memiliki keindahan alam yang indah, namun tlogo tersebut kurang di manfaatkan untuk wisata, Belum banyak masyarakat yang tahu tentang adanya Tlogo Mboro. Untuk itu perlu adanya inovasi baru dalam mengelola dan memperkenalkan Tlogo Mboro kepada masyarakat luas sebagai salah satu ikon di Desa Sidowungu dan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Selain itu dengan kondisi desa yang mayoritas warganya berprofesi sebagai pengusaha ayam potong, sehingga memunculkan limbah bulu ayam yang berserakan dan mengakibatkan bau yang kurang sedap. Untuk itu perlu adanya pengolahan limbah bulu ayam untuk souvenir dan pernak pernik dari bulu ayam. Hal ini adalah sebagai salah satu upaya untuk mengurangi limbah bulu ayam serta meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Card image cap
Card image cap